Kamis, 02 Desember 2010

Membuat Web Menggunakan CMS Drupal


I Pendahuluan

Untuk membuat sebuah web dengan database berbasis MySql dan PHP sebenarnya tidaklah diperlukan keahlian khusus tentang script PHP maupun MySql sebab saat ini telah banyak beredar CMS atau Content Managemen System yang gratis dan Open Source. CMS yang cukup populer saat ini adalah Drupal dan Joomla, disini penulis memilih Drupal sebab paket Drupal sangat ringan sehingga memudahkan kita untuk Upload ke webserver.

II Mendownload Paket Drupal

Anda bisa mendownload paket drupal di http://drupal.org atau anda bisa kilik link drupal di sebelah kanan situs ini. Pilihlah paket drupal yang terbaru. Saat artikel ini dibuat adalah versi 6.19


III Mendaftar Web Server

Langkah selanjutnya adalah mendaftar webserver untuk menyimpan website kita. Yang perlu diperhatikan dalam memilih web server adalah Webserver tersebut haruslah mendukung PHP yang terbaru untuk Page Preprocessornya dan MySql atau PostGre untuk databasenya. Penulis menganjurkan untuk mendaftar di http://www.000webhost.com atau http://www.0fees.net disamping gratis, web server ini juga tidak memaksakan iklan kedalam situs kita. Setelah anda mendaftar anda akan mendapatkan hal-hal berikut ini:

1. Cpanel url : link untuk mengakses control panel
2. Cpanel username : username untuk masuk ke control panel
3. Cpanel Password : Password untuk login control panel
4. Msql Hostname : host untuk mysql, diperlukan saat menginstal Drupal
5. Msql Username : username untuk mysql diatas
6. Mysql Password : Password untuk mysql di atas
7. FTP Server : alamat sever jika anda ingin mengupload file via software ftp
8. Ftp username : username untuk login ftp diatas
9. Ftp Password : password untuk login ftp diatas
10. Website Url : bakal alamat situs anda
11. Document Root : Lokasi direktori sesungguhnya dalam server

Yang perlu anda perhatikan sementara adalah item nomor 1 sampai 6 dan nomor 10. Jadi sebaiknya anda simpan saja informasi ini

IV Mengupload Paket Drupal

Sewaktu anda mendownload paket Drupal anda akan mendapatkan sebuah file yang terkompresi dengan format tar.gz berukuran 1,2 Mb yang biasa digunakan pada linux. Penulis menganjurkan agar anda mengubah format kompresi menjadi format Zip, sebab tidak semua web server dapat mengekstrak format tar.gz.
Anda dapat mengubahnya dengan cara mengekstrak menggunakan winrar kemudian mengkompresnya kembali menjadi file zip. Sendangkan jika anda ingin mengupload satu persatu file itu sangatlah merepotkan. Dan pastikan pula isi kompresan tersebut langsung isi dari paket drupal, bukan sub foldernya.

Langkah berikutnya adalah membuka control panel dari web server dengan cara mengakses web dari alamat yang telah ditunjukkan pada item 1 di bagian III, masukan username dan login dari item 2 dan 3 kemudian klik login. Berikutnya anda akan masuk kedalam control panel. Managemen situs anda seluruhnya tersedia disini.

Dari control panel ini anda dapat mengupload file Drupal tersebut dengan cara klik file manager. Anda akan diarahkan pada tampilan seperti windows explorer dimana terdapat sebuah folder bernama htdocs dan file bernama DO NOT UPLOAD FILES HERE, memang anda tidak di perbolehkan mengupload di bagian ini (referensi untuk Ofees.net untuk web server lain mungkin sedikit berbeda).

Berikutnya bukalah folder htdocs, di sini anda akan mendapatkan sebuah file bernama file for xxx.0fees.net should be uploaded here! Ya disinilah seharusnya anda menguploah paket Drupal tersebut (referensi untuk Ofees.net untuk web server lain mungkin sedikit berbeda).

Klik tombol upload untuk masuk ke halaman upload file. Di sana terdapat sebuah tombol Choose, klik dan arahkan ke file drupal dalam bentuk zip tadi. Sampai disini mungkin anda bertanya-tanya dimanakah tombol Ok nya. Sebelumnya penulis juga sempat kebingungan. tombol OKnya adalah gambar cek (cawang) yang berwarna hijau. Selanjutnya server akan menganalisa file apakah layak di upload atau tidak, sebab beberapa server membatasi waktu upload maksimal 500 detik, Klik lagi cawang hijau, setelah sukses kembalilah ke file manager dengan klik panah berwarna biru.

Langkah berikutnya adalah mengekstrak file drupal tersebut dengan cara beri cawang pada file drupal tersebut kemudian klik tombol unzip. Ikuti petunjuk berikutnya

V Membuat Database

Sebelum mengkonfigurasi dan install web, terlebih dahulu anda diharuskan untuk membuat database, di anjurkan untuk menggunakan database MySql, Tetapi jika anda menyukai Postgre tidak dilarang.

1. Buka kembali halaman Control Panel
2. Klik MySql database
3. Buatlah sebuah database beri nama yang sederhana, secara default webserver akan menambahkan embel-embel di depannya. Ingat baik-baik nama database ini.
Anda di izinkan untuk membuat sampai 3 database biasanya, tetapi 1 saja sudah cukup untuk sebuah website

VI Configurasi dan Instalasi Drupal

Setelah anda mengupload drupal ke web server anda masih perlu mengconfigurasi dan menginstal drupal agar dapat digunakan.

1. Langkah pertama adalah menyediakan file seting.php dalam direktori /sites/default/ ini dapat anda lakukan dengan cara membuka file manager dari control panel. Dalam direktori ini telah tersedia file bernama default.seting.php anda dapat mengcopy file ini dan diberi nama seting.php

2. Selanjutnya anda telah siap untuk menginstal Drupal. Bukalah browser kemudian isikan alamat url anda

3. Anda akan masuk ke halaman instalasi awal. Kliklah Install Drupal in English

4. Berikutnya pilihlah type database yang telah anda buat sebelumnya, apakah MySql atau PgSql. Tulislah nama database yang telah anda buat pada bagian V diatas pada kotak Database Name berikut username dan passwordnya. Yang perlu di perhatikan disini adalah mengganti Database server dengan cara klik advanced options. Gantilah Database Host yang sebelumnya Localhost dengan yang telah ditentukan server pada bagian III item nomor 4 di atas.

5. Berikutnya anda di perintahkan untuk mengisi site name (nama situs), site email address (alamat email situs), disamping itu juga anda akan membuat login Administrator untuk mengakses admin situs anda

6. Simpan informasinya dengan klik tombol Save, anda saat ini dapat mengakses halaman situs anda dan mengelola isi halaman situs anda melalui login admin yang telah anda buat sebelumnya.

Sampai disini anda telah berhasil membuat sebuah website dasar Drupal. Berikutnya anda dapat mengubah atau menambah isi dari website anda dari user admin. Paket drupal dasar sudah cukup lengkap dengan 6 tema yang dapat anda ubah. Beberapa fitur memang belum tampil, anda dapat mengaktifkannya melalui Administer

VII Menambah tema dan Modul

Anda dapat menambah tema maupun modul pada website anda agar tampilam website lebih indah dan interaktif. Tema dan modul ini dapat anda download di website resmi drupal. Anda hanya perlu meletakkan folder yang berisi tema di
/sites/all/themes
Sedangkan modul anda simpan di
/sites/all/modules
Anda perlu membuat terlebih dahulu folder ini sebab folder ini belum tersedia

SELAMAT MENCOBA!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar